Sunday 8 June 2008

Podolski Pahlawan Jerman

Klagenfurt - Lukas Podolski menjadi pahlawan kemenangan 2-0 Jerman atas Polandia. Dua gol dari penyerang berusia 23 tahun itu mengantarkan pasukan Joachim Loew merengkuh tiga angka penuh.

Di Worthersee Stadion, Klagenfurt, Senin (9/6/2008) dinihari WIB, Jerman sudah mendapat sebuah peluang emas di menit keempat. Namun ketidaktenangan para pemain membuat peluang itu melayang sia-sia.

Memanfaatkan umpan terobosan Michael Ballack, Miroslav Klose yang lolos dari jebakan off-side menggiring bola ke kotak penalti Polandia. Klose mengumpan ke Mario Gomez namun Gomez gagal mencetak gol karena sontekannya tipis di samping gawang yang sudah kosong.

Polandia tak mau kalah. Menit ke-9, Jacek Krzynowek melepas umpan silang mendatar yang hanya lewat di muka gawang Jens Lehmann. Tak ada seorangpun rekannya yang menyambut datangnya bola.

Tak mau membuang peluang dua kali, Jerman akhirnya mencetak gol pembuka di menit ke-19. Kembali Klose lolos dari off-side dan mengejar through-pass Ballack. Klose kemudian menyodorkan bola ke Podolski yang dengan satu sontekan ringan menjebol gawang Artur Boruc. 1-0 untuk Jerman

Di menit 36, Polandia hampir saja membuat skor jadi sama kuat lagi. Wojciech Lobodzinski mengirim umpan silang yang disambut oleh Maciej Zurawski dengan tendangan yang gagal menjadi gol karena tipis menyamping.

Tak sampai dua menit, Jerman beroleh peluang menambahi keunggulan. Clemens Fritz mengumpan dari sisi kanan kepada Gomez yang meneruskannya dengan tendangan tak terlalu keras. Bola mengarah kepada Klose yang gagal mengarahkan bola ke gawang Boruc.

Di penghujung babak pertama, satu peluang lagi didapat Polandia. Mariusz Lewandowski melepaskan tembakan yang tidak terlalu keras ke arah gawang. Jens Lehmann dengan sigap menangkap si kulit bundar.

Babak pertama pun berakhir, masih dengan keunggulan sementara Jerman 1-0.

Tigabelas menit memasuki babak kedua, Polandia kembali mendapat peluang. Pemain pengganti Roger Guerreiro lolos ke kotak penalti Jerman. Tapi pemain kelahiran Brasil itu terlalu lama memegang bola sehingga saat mengumpan, bola dengan mudah disapu bek-bek Jerman.

Menit ke-61, Ebi Smolarek sukses meloloskan diri dari penjagaan pertahanan Jerman, menguasai bola dan tinggal berhadap-hadapan dengan Lehmann. Namun wasit menilai Smolarek off-side dan gagallah ia menaklukkan kiper lawan.

Kerjasama yang baik dari Jerman hampir membuat Die Nationalmannschaaft memperlebar keunggulan di menit 69. Lahm yang menyisir sisi kanan melepas umpan silang yang langsung disambar tendangan keras Ballack. Gol gagal terjadi karena Boruc dengan gemilang men-tip bola keluar.

Jerman akhirnya benar-benar mencetak gol keduanya di bilangan menit 71. Podolski kembali jadi tukang bobol gawang lawan melalui sebuah tendangan keras kaki kiri dari jarak dekat.

Gol ini bermula dari umpan Gomez kepada Bastian Schweinsteiger yang gagal dikuasai. Bola mental ke arah Klose yang mencoba menendang, tapi gagal. Podolski yang bebas dari penjaga menyambar si kulit bundar dan gol. Jerman pun memimpin 2-0.

Di menit ke-83, Marek Saganowski hampir sukses menjebol gawang Jerman. Pemain pengganti itu menyambut umpang silang Guerreiro dengan sundulan kepalanya. Lehmann dengan refleks cepat mencegah bola masuk gawang dengan tangannya.

Dalam sisa waktu yang ada, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol tambahan dan dengan demikian Jerman tetap menang 2-0 serta berhak memuncaki klasemen Grup B.

Sumber : detiksport

3 comments:

tomPEL said...

lama tinggal di Jerman,ak dah mulai lupa sm tokoh2 pewayangan.., cos ak dah lama kenalan sm mereka,.
tp klo beneran itu anoman, anomannya yg mn y.??
ya mungkin ni jg salah satu dampak klamaan tinggal di Jerman, penglihatanku agak mnurun kwalitasnya.,hee..hee...
Oh y boss,kapn nee LuluSZ S2.?!
tak tunggu traktirannya..,

tomPEL said...

Wah,..,itu ad yang kurang boss..
sebelum itu,ada kata2 kyk gini:

Sp tuh yang di ajak poho bareng.??
"SINTA" or "SITI" or "AISYAH"
Ato malah ANOMAN.??
maklumlah dah < dst >

dst ni isinya yang dah kekirim awal..

tomPEL said...

salah lg ;

itu seharusnya "potho" bukan "poho"..

nah ini membuktikan klo ak tu GARTEK beneran khan..
oh salah lagi GAPTEK dink..