Monday 23 June 2008


BBM Naik, Ongkos Subway di Beijing Malah Turun
BEIJING, SELASA - Di tengah tingginya harga bahan bakar minyak (BBM) dunia, Pemerintah Kota Beijing malah menurunkan tarif angkutan umum sejak Oktober 2007. Tiket bus non-AC turun dari dua yuan (satu yuan sekitar Rp 1.300) menjadi satu yuan. Selain itu, tiket subway turun dari tiga yuan menjadi dua yuan. Pemkot Beijing menyediakan bus baru dan membuka jalur subway baru menjelang Olimpiade Beijing.

Mereka yang memiliki kartu langganan juga diberi diskon hingga 60 persen. Jalur subway juga ditambah dari empat menjadi delapan lajur, termasuk dari bandara internasional ke kota. Penjualan tiket juga sudah dilakukan secara elektronik.

"Penurunan tiket tidak hanya untuk Olimpiade, tetapi untuk seterusnya karena pemkot ingin mengajak masyarakat naik kendaraan umum," kata Sun Weide, Deputi Direktur Komunikasi Media Pemkot Beijing di Beijing, Selasa (24/6).

Laporan sementara, sejak Oktober penggunaan angkutan umum telah naik 34,5 persen dari bulan sebelumnya atau ada perpindahan penggunaan mobil pribadi ke angkutan umum yang mencapai 2,2 juta orang. Mereka menargetkan pada tahun 2020 sebanyak 50 persen warga Beijing menggunakan angkutan umum.

Anastasia Joice Sent from my BlackBerry © Wireless device from XL GPRS/EDGE/3G Network

No comments: